Saturday, September 3, 2011

Godly courtship "ala" mennonite

by Lia Stoltzfus on Wednesday, January 19, 2011 at 2:51pm

Hari ini gue mau share tentang apa yang gue pelajarin lewat yang namanya komunitas "mennonite". Gue en suami itu beda latar belakang gereja, buat doktrin yang mendasar tentang kelahiran baru, keselamatan, dll gak ada masalah cuma dalam cara praktek Firman Tuhan dan aturan gereja cukup berbeda, cuma di sini sekali lagi kuncinya " hati yang terbuka mau belajar kebenaran Firman Tuhan". Gak ada yang lebih bener, Abbalove or Bethel Christian Church.   

We just decide to follow the truth LEBIH dari semua "aturan" gereja.

3 Bulan di amrik cukup "membukakan" mata tentang kenapa suami gue bisa punya "prinsip hidup" yang kuat. Background Godly family and Church teaching yang cukup strick membentuk hidup dia. Gue nemuin buanyaaaaaaaak banget nilai-nilai dan teladan hidup selama di sana, meski gue juga ngeliat sisi-sisi yang gue gak suka dari lifestyle mereka.Tapi lebih banyakan di-"bless"nya dan belajarnya ketika gue ada di sana daripada baca banyak buku how to have a good christian lifestyle and raise christian family.

Salah satu yang gue kagumi yaitu nilai-nilai pergaulan lawan jenis dan proses courtship mereka.

Nih point-point yang gue dapet :
1. Seorang cowok gak boleh "nembak" cewek SEBELOM dia ready buat menikah.
( ready secara tanggung jawab dan juga materi )
2. Kalo ada cowok yang tertarik sama seorang cewek, dia kagak boleh "PDKT" langsung ke cewek itu.
Jadi apa dong yang mesti dilakuin tuh cowok kalo dia tertarik sama seorang cewek? 
pertama, dia harus yang point 1 tadi, meyakinkan dirinya uda ready untuk menikah
kedua, dia mesti share hal itu sama orangtua ato otoritas rohaninya.
ketiga, dia mesti ngomong sama ORANGTUA si cewek TANPA KASIH TAU si cewek itu dulu.Ngomong kalo dia tertarik sama anak ceweknya mereka, kenalin dirinya siapa ( kalo beda gereja/daerah) trus minta izin untuk "in relationship" bangun hubungan sama their daughter. 

Buat mereka, gak sopan kalo cowok ada interest khusus dan mulai "PDKT" sama anak mereka, telpon terus ke rumah, ajak pegi berdua tanpa si cowok itu ngomong "as a man" ke orangtua ( khususnya daddy) karena tuh anak cewek kan under her parent's authority. 

Hal ini bagus banget buat ngejagain hati setiap cewek-cewek, jadi setiap gadis itu dijaga kemurnian hatinya buat gak terlibat dalam yang namanya "ikatan emosional" tanpa komitmen yang jelas dari seorang cowok. Nanti orangtuanya yang akan decide, boleh apa enggak, cowok ini nyatain perasaannya ke si cewek. Kan orangtuanya yang paling kenal kondisi anak mereka, apakah anak mereka sudah siap juga buat sebuah hubungan serius ke arah pernikahan atau belum. Kalo ternyata si anak cewek itu ada komitmen tertentu ( misalnya gak mau menikah sebelum umur tertentu karena mau fokus melayani dalam suatu pelayanan tertentu ) , si orangtua akan kasih tau ke cowok itu bahwa dia gak available buat "nembak" anaknya sekarang, jadi si cewek tetep bisa FOKUS sama apa yang jadi komitmen dia sama Tuhan.

Jadi sebelom ngedapetin hati si cewek, pria itu harus "ngedapetin trust" orangtuanya si cewek. Bisa jadi orangtuanya si cewek gak jawab langsung, mereka bisa minta waktu dulu buat mikir dan doa (sekaligus nyari tau si cowok itu kayak gimana, background keluarganya gimana, dll ) 

Kalo dapet " lampu hijau", si cowok baru boleh "nembak", menyatakan keinginannya buat in relationship, bangun hubungan secara special, nah setelah itu si cewek biasanya minta waktu buat mikir dan doa. 

tapi sekarang yang timbul pertanyaannya adalah gimana si cewek bisa bilang "ya" ato mau, kalo sebelonnya mereka gak pernah ada PDKT-PDKT duluan? iya kan? Mereka itu kan biasanya bergaul dalam youth group ato pelayanan tertentu dan di situ biasanya mereka jadi kenal " oh si ini orangnya begini, si itu orangnya begitu".

Perkenalan itu uda dibangun lewat pergaulan/persahabatan. 

Kalo si cewek bilang "oke" baru deh itu namanya mereka "jadian" ato "in relationship" dan setelah itu baru deh mereka BEBAS buat pergi berdua, jadi gak ada tuh istilah "ngajak cewek yang di-PDKT-in keluar makan, keluar nonton bioskop berdua sebelon mereka jadian, karena itu bisa bikin emotional dependency yang bisa ngarah ke arah kejatuhan dalam dosa anak muda karena terlalu ekslusif ", setelah in relationship beberapa bulan biasanya mereka "engaged" dan abis itu menikah, kebanyakan proses ini ( dari nembak sampe merid itu smua dalam waktu 1 tahun ) gak boleh lama-lama pacaran karena lagian kan sebelon nembak, si cowok uda make sure dirinya siap buat menikah.

Nah itu kan karena mereka punya Godly parents, yang emang orangtua mereka ngerti kebenaran Prinsip Firman Tuhan jadi orangtua yang menjadi " konselor pranikah" buat anak mereka sendiri. istilah nya BPN ABBALOVE, jadi "pengayom hubungan ". 

Gimenong sama kita yang baru first christian generation? ( kita generasi pertama dalam keluarga yang bertobat duluan, papa-mama belon lahir baru) kadang -kadang kan orangtua punya "standart2" yang gak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan sekalipun PASTI tentunya orangtua mau YANG TERBAIK buat anak-anaknya.

contoh :
1. jangan merid sama yang beda suku yaaaaaaaa...
2. awas yah kalo pasangan kamu itu beda 3, 6, ato 9 tahun  sama kamu, gak boleh pokoknya
     ( buat yang orang chinnesse )
3. ngapain sih sama si markus, miskin gitu cuma punya vespa butut, mending sama aliong noh nyumbang dana di vihara paling gede,  bisnisnya oke lagi. ( lebih liat urusan duit daripada seiman ato kaga )
 4. aduuuuh, yang bener aja kamu, kan dia status ekonominya jauh di bawah kita,  mestinya punya pasangan dari keluarga yang lebih mapan. mau dikasih makan apa kamu nanti? 
 5. apa? kamu mau sama cewek yang usianya lebih tua? duuuuh... jangan deh, kayak gak ada cewek lain aja. kamu kan cukup ganteng, punya masa depan, pasti ada kok yang mau sama kamu. gak usah sama si siti, umurnya lebih tua gitu!

Nah yang kayak gini-gini bikin pusing kan? Makanya tuh di abbalove kan diajarin kalo mulai suka en tertarik sama lawan jenis, share-lah sama pembina ato pemimpi rohani, supaya bisa didoakan dan digumuli bersama dan bener-bener ada "covering" ketika dalam proses pergumulan tersebut. Yang pasti nanti kagak diajarin buat ngelawan "orangtua" tapi minta Tuhan berperkara, lah kalo emang gak "nentang" prinsip Firman Tuhan, mestinya ada pembelaan dong dari Babe di surga yaaa?

" Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN, dialirkan-Nya ke mana Ia ingini. " ( amsal 21 : 1 )
hati Raja aje Tuhan bisa ubah apalagi hati enyak-babe di rumah?

Waktu gue en mike ngobrol sama salah satu gemabala nikah abbalove, kak Budi Tjahjono, dia sendiri bilang justru emang semestinya orangtua itu yang jadi KONSELOR Pranikah buat anak mereka sendiri, dan abbalove mau-nya kayak gitu ke depannya, BPN sama orangtua sendiri, tapi masalahnyaaaaaaaaaaaa... banyak banget kan yang 'anak Tuhan generasi pertama' yang butuh bimbingan dari orang-orang yang ngerti kebenaran Firman dan bisa tolong mempersiapkan mereka buat ketemu kehendak Tuhan, ambil keputusan yang tepat buat pasangan hidup dan akhirnya bisa mempersiapkan keluarga Illahi.

Jadi begitulah, kenapa asal-usulnya kesannya di "abbalove", cukup ribet buat mau "jadian" aje, harus lapor pemimpin lah dan ikutin beberapa proses lah. Trus kalo mau merid rasanya susah banget, mesti konseling awal lah, ikutin BPN ( Bimbingan Pranikah ) 9 bulan lah ( lama yeee booow, di gereja laen ada yang cuma konseling 2 kali boleh merid, trus ada yang cuma ikut BPN 3 bulan boleh merid ) trus mesti ikut komsel bimbingan Pranikah lah.... hehehe... emang ribet, tapi yang TAAT akan dapat BERKATnya.

Yang emang tau bahwa pernikahan itu bukan "maen-maen" akan bersedia ngejalanin dengankerelaan hati. Mo bikin wedding reception aja butuh persiapan yang ngejelimet yang katanya paling bagus start dari 1 tahun sebelon hari H, dari mulai survei tempat, booking tempat, test-food, nyari salon, coba gaun, foto prewed, en bla..bal..bla... kalo buat wedding day yang cuman SEHARI doang, elu mau persiapin sebagus mungkin, dari jauh-jauh hari, MASA SIH buat PERNIKAHAN itu sendiri ( hari-hari yang elu jalanin setelah wedding day itu ) elu gak mau "persiapin diri" ???

Justru yah lewat BPN itu, kita dipersiapkan gimana bisa bangun hubungan yang benar, praktekin kasih yang benar, punya landasan berkeluarga yang benar, gimana cara berfungsi sebagai suami dan istri, gimana mengatur keuangan, gimana mengatasi konflik yang timbul lewat perbedaan-perbedaan, en dll.

Intinya gue sih diberkati pas gue ikut BPN, meskipun gue kebanyakan datengnya sendirian. Yang laen pulang sama pasangannya, gue pulang naek motor sendirian. Yang laen kalo disuruh doa sama pasangannya, bisa gandengan dan saling mendoakan, gue cuma nundukin kepala en doa sendirian ;p gak nyesel gue, gak nyeseeeeeeeeeeel... gue tau itu bagian gue mempersiapkan diri gue. 

endingnya promosi BPN ah... buat elo orang yang belon pada ikut BPN, bergabunglah segera, kayaknya akhir januari atau awal februari biasanya buka kelas baru noh.... start dari modul A lagi.

sori yah buat readers yang non-abbalove, mungkin agak puyeng dengan beberapa istilah, tapi yang nanya ke gue kebanyakan anak2 abbalove yang lagi pada bingung soal pasangan hidup noh... hihihi...)


God bless!
- Lia

No comments:

Post a Comment