Friday, October 21, 2011

Need Counseling?

Aku baru aja nyelesaiin 3 sesi konseling. Dimulai dari Jumat lalu, Rabu, kemudian pagi tadi. Lega deh, karena aku jadi lebih kenal diriku sendiri sekarang.

Sebenernya aku sudah cukup kenal diriku sendiri kok. Konselorku juga bilang bahwa refleksi yang aku buat juga mencerminkan pengenalanku sama diri sendiri. Cuma seringnya tuh aku ignore perasaan2ku yang negatif dan berusaha merasionalisasi segala sesuatu. Misal, aku kecewa sama Tuhan. Nah, aku ignore perasaan itu. Padahal ya normal kok kecewa sama Tuhan. Daud aja pernah ngambek. Tapi toh itu gak mengubah kenyataan bahwa ia adalah a man after God's heart kan? Jadi aku harus lebih menerima dan mengakui perasaan2ku (terutama yang negatif). Kalo aku terus2an ignore perasaan2ku itu, manifestasinya bisa mengigau bahkan tertawa saat tidur! Hehehe.... Wajar kok punya perasaan2 negatif. Manusiawi lah.

Baru aja aku nanya ke anak kamar, apakah belakangan ini aku masih suka ketawa saat tidur. Dia bilang sih nggak. Udah normal. Hehe.... Ya sih, memang kalo dipikir2 belakangan ini aku jauh lebih menerima dan mengakui perasaan2ku, khususnya yang negatif. Jadi gak kependem sampe alam bawah sadar terus tau2 mengigau atau ngakak tengah malem saat lagi tidur.

Lega deh.... My future husband gak usah stress denger aku ketawa2 tiap malem lagi karena aku sudah lebih kenal diriku dan tau gimana ngatasi perasaan2ku. wkwkwkwk....

Konseling bukan cuma buat orang gila dan bermasalah. Semua orang pasti punya masalah. Konseling juga bukan ajang buat nyari nasihat2 dan petuah2. Konseling itu sarana buat mengenal diri sendiri. Sometimes, kita gak kenal diri sendiri dan butuh bantuan untuk menyadarinya serta untuk deal dengan diri sendiri. Memang bener kata Bu Connie kalo konseling itu salah satu cara yang bisa kita pake untuk work out salvation. Gimana kita mau kerja keras atas keselamatan kita kalo gak kenal diri sendiri?

Ayo konseling! :)
Selagi ada kesempatan, waktu, dan gratisan.... (enaknya jadi mahasiswi) hehehe.....

Btw, ingat bahwa  Konselor di atas segala konselor adalah Roh Kudus. Kata Bu Connie tadi pagi, Roh Kudus senantiasa bekerja menopang kehidupan kita. Tanpa Dia, gimana kita mau jalani hidup? Ada satu ayat favoritku di Mazmur yang menurutku mencerminkan juga sifat Roh Kudus.

Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku. (Mazmur 94:19)


Dialah satu2nya Penghibur yang paling setia. :)

1 comment:

silviana said...

jadi gak sabar nunggu hari senin nov... ^^ nti share lbh lengkap ya....

Post a Comment