Thursday, October 13, 2011

Thanksgiving Thursday: Broken Handphone

Ucapan syukur tidak hanya diucapkan saat hidup kita diberkati dan baik2 saja, namun juga harus diucapkan saat sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi. Ingat, Allah turut bekerja dalam segala perkara! Mau tahu kisah2 Thanksgiving Thursday yang lain? Atau mau join juga menuliskan Thanksgiving Thursday?Klik di sini.

This is my story.......

Selasa malam lalu saat lagi on the way ke apartemen dorm parents, aku lihat ada kilat dan angin cukup kencang. Jadi aku pikir mendingan matiin hp dulu sementara. Beberapa menit kemudian aku nyalain lagi gak ada sinyal sama sekali. Si April nyaranin supaya direstart aja. Oke, aku restart deh. Gak cukup sekali dua kali, namun beberapa kali tetep gak ada sinyal.

Nyampe di apartemen dorm parents, aku lihat ada sinyalnya. Lega deh....

Pulang dari apartemen, aku cek hp lagi, gak ada sinyal lagi. Padahal temen2 yang pake provider seluler yang sama tuh sinyalnya penuh dan baik2 aja. Jadi bingung kenapa nih hp jadi error gini.

Malemnya, aku agak susah tidur karena batuk2. Sesekali pas terbangun, aku lihat hp. Eh, ada sinyal. Aku pikir ya baguslah, berarti cuma error aja sesaat.

Rabu pagi kemarin, aku mendapati hpku tanpa sinyal sama sekali. Ini sim card-ku yang rusak atau hp-ku yang rusak? Penasaran, aku pinjem sim card orang lain untuk dimasukin ke hpku. Eh, tetep gak ada sinyal juga. Masalahnya bukan sama sim card-nya, tapi sama hp-nya. Entah kenapa hp-ku itu gak bisa nangkep sinyal provider seluler dan ada tulisannya error 2B 05 gitu.

Sebenernya tulisan error itu udah beberapa bulan ini nampang di layar hp tapi gak aku gubris. Toh error-nya itu cuma kayak ga bisa redial dan mesti ngetik ulang no yg mau ditelepon atau nyari2 di phonebook dulu. Gak terlalu masalah gitu. Aku juga gak ngerti kok bisa sih sekarang error-nya jadi gak bisa nangkep sinyal gitu.

Praktis, sejak Selasa malam sampai hari ini hpku gak bisa dipake berkomunikasi baik telepon maupun sms. Kalopun tiba2 muncul sinyal di hp, tetep aja gak bisa terima dan kirim sms/telepon. Jadinya tuh hp cuma berfungsi sebagai mp3 player dan alarm bangun pagi.

Anyway, aku bersyukur lo hpku rusak. Hehehe..... Aku merasa dalam waktu sekitar 40 jam terakhir ini hidupku jauh lebih tenang. Biasanya tuh ya, ada aja yang sms ribut2 urusan kuliah, choir, dorm, dll. Sampe2 aku merasa gak bisa jauh2 dari hp. Gadget ini harus ada dalam radius 1 meter dari diriku dan harus selalu on. Sedikit2 aku ngecek hp. Kuliah, makan, tidur, bahkan hang out gak bisa bener2 focus karena dikit2 aku mesti buka hp, balas sms, forward sms, menjawab telepon, ngecek messages di fb, dll.

Memang sih, sempat jengkel juga nih hp kok rusak seenaknya. Kalo ada apa2 tuh jadi ribet juga karena aku gak bisa dihubungi dan gak bisa menghubungi siapa2. Tapi hari2 kayak gini nih sudah lamaaaaaaaaaaa nggak aku rasakan. Tenang, gak ribut diganggu bunyi sms/telepon. Gak perlu nunggu2 sms (lah, gak bisa nerima sms, nunggu apaan?).

Hidup dan tinggal di kota besar dan segala kesibukannya membuat aku lupa bagaimana caranya duduk tenang. Dulu kalo udah baca buku, aku bisa baca tuh buku sampe berjam2 dan gak dengan mudah terganggu sama kondisi sekitar. Belakangan kalo lagi baca buku, belum abis satu chapter aku udah ngelirik hp, ngecek ada sms masuk kagak. Beberapa jam sekali mesti ngecek status fb.

Tanpa disadari, gadget maupun media jejaring sosial kayak fb dan twitter sudah benar2 merampas focus utama dalam hidupku. Susah buat aku untuk duduk sejam aja fokus sama satu hal tanpa ngecek hp. Kalo secara aneh hpku sekarang rusak, aku harus bersyukur. Ini kesempatan bagus untuk aku merefleksikan lagi: apa fokus hidupku sesungguhnya?? Apakah Kristus benar2 sudah menjadi fokus hidupku??

Terkadang, untuk menunjukkan kasih-Nya kepada kita, Tuhan harus mengambil apapun yang menghalangi kita melihat kasih-Nya. Itu bisa berarti apapun. Termasuk hp rusak, kehilangan orang yang dikasihi, gagal dalam studi, kehilangan pekerjaan, gak punya duit, dll. Bukan berarti Dia itu Allah yang merusak dan merugikan umat-Nya. Sebaliknya Dia ingin supaya kita ini beroleh segala kelimpahan dalam hubungan dengan Dia. Oleh karena itu, Tuhan melindungi kita sedemikian rupa supaya jangan sampai apapun dan siapapun menggeser fokus hidup kita sehingga kita semakin jauh dari-Nya.

Terima kasih Tuhan, hari ini aku boleh benar2 merefleksikan, apa fokus hidupku sesungguhnya?? Apakah Kristus benar2 sudah menjadi fokus hidupku??
Tolong aku untuk sedikit lebih mengenal dan mengasihi Engkau hari ini.

No comments:

Post a Comment