Friday, October 7, 2011

Pray for My Lecturer

Care group pagi ini jadi ajang curhat mengenai seorang dosen. Sebut saja Ibu Syeba (bukan nama sebenarnya, cuma tadi pagi aku baca kalo Ratu Syeba mengunjungi istana Salomo.. hehee..). Sejak semester 3 sampe sekarang selalu kebagian kelas beliau.

Entah kenapa, Ibu Syeba dan kami gak pernah nyambung satu sama lain. Ekspektasi dosen sama mahasiswa gak pernah sejalan. Goal dari mata kuliah Ibu Syeba gak pernah jelas bagi kami. Konten yang dia ajarkan juga rasanya ngaco dan terkesan beliau tidak menguasai konten. Bahkan seorang senior kami menemukan bahwa bahan presentasi beliau itu sama dengan power point presentation yang ada di internet! Assessment dia juga kelihatan ngaco banget. Seorang teman terpaksa ngulang sebuah mata kuliah gara2 dia keliru masukin nilai. Cara ngajar dia juga bikin kami ilfeel. Kenapa kami sangat mempermasalahkan cara ngajar dia? Karena kami mahasiswa keguruan! Dosen adalah role model kami! Jadi cara ngajar dia sangat penting bagi kami. Aku gak mau jelasin lebih lanjut gimana cara ngajar dia, gimana dia assesst kami, dari mana aja resource2 yang dia pake buat kuliah, gimana dia deal dgn mahasiswa, dll. Sulit buatku untuk gak jelasin tanpa ngejudge.

Aku inget gimana kemaren tuh bener2 suasana kelas nggak enak banget. Si Ibu Syeba juga nyadar dan mengeluh kenapa kok kayaknya kita gak connect gitu. Tapi gak ada seorangpun yang nanggepin beliau karena:

  1. seringkali terkesan bahwa dosen selalu benar. Kesannya tuh aturan kelas nomor 1 adalah dosen selalu benar, no 2 kalo dosen salah liat lagi aturan no 1.
  2. kalo nanggepin beliau pasti bawaannya emosi. Yang ada ntar bukan memberikan masukan yang membangun buat sang dosen, malah menjatuhkan. 


Intinya sih, tadi waktu care group kami sepakat kalo mesti ngomong sama Ibu Syeba heart to heart. Mesti REKONSILIASI. Care group ditutup dengan doa dan aku langsung minta Pak Thomas (CG-leader) buat nutup dalam doa. Kita udah gak sanggup untuk berdoa tanpa berdosa. Udah banyak sakit hati, ilfeel, dan males untuk to do the best dalam kelasnya. Tiap inget nama dia, di otak langsung muncul pikiran2 yang menghakimi. Bahkan salah satu temen sekelas yang cukup alim update status BBM kayak gini, "Does my lecturer have a mirror?" saat beliau lecturing kemaren gara2 beliau gak walk the talk.

Gak tau ke depannya gimana. Kita sih masih mau konsultasi dulu sebelum bertindak. Soalnya sesebel2nya sama tuh dosen, kita gak mau menjatuhkan beliau, apalagi sampe beliau dipecat (tadi ada temen yang cerita kisahnya kedudukan seorang kajur dicabut gara2 masukan para mahasiswa ke MPM).

3 hari yang lalu, aku minta komunitas doaku (TC HoPe) untuk doain Ibu Syeba tanpa cerita in detail. Aku cuma bilang, "Pokoknya doain aja. Beliau dan kami lagi masa2 sulit." Sekarang aku ambil commitment mau bawa beliau dalam pokok doa pribadiku. Aku juga mau mengampuni beliau, mau punya perspektif baru tentang beliau yang lebih berbelas kasihan. Agak sulit sih, soalnya inget dia aja udah males bawaanya.

Btw aku ingat betul di semester kedua aku dan teman2 sekelas lagi bergumul soal seorang dosen yang kayaknya juga gak klop dengan kami. Saat itu kami mendapati betapa kuasa doa itu besar. Tuhan mengubahkan sang dosen sehingga kami jadi menikmati kuliahnya dan Tuhan mengubahkan kami sehingga kami benar2 punya perspektif baru sama beliau dan gak perlu sampe sakit hati segala.

Aku percaya bahwa sekarang pun kalo aku doain Bu Syeba, kuasa Tuhan juga sanggup mengubahkan beliau dan juga kami para mahasiswanya.

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. (Yakobus 5:16)



No comments:

Post a Comment