Thursday, April 25, 2013

Behind the SKRIPSI - Part V: Do not fear or be dismayed!

Sebenernya sehari sebelum due date pengumpulan skripsi, jadwal sidang sudah keluar. Namun aku tidak merasa takut mengetahui siapa yang menjadi dosen pengujiku, karena chairman-nya tuh dosen bule yang baik banget. He is very gracious. Masih jelas dalam ingatanku awal semester 3 ketika aku minta pindah ke program bahasa Inggris dengan kemampuan pas-pasan. Beliau ngasih dengan syarat aku harus bener-bener belajar dan berusaha untuk improve my English proficiency. Thanks to him, aku tidak hanya pindah program, tapi juga boleh dapet kesempatan untuk belajar. Setelah 3 tahun, ada banyak kemajuan. Dari yang tadinya nggak ngerti apa-apa kalo dosen ngajar dalam bahasa Inggris, sampe sekarang tiap Minggu dengerin sermon in English (secara pastorku juga diimpor from Chicago… hehe….). Dari yang cuma bisa “yes/no” aja sekarang bisa cas cis cus in English meskipun masih banyak grammatical error (tapi bule-bule pada bilang lumayan kok, understandable lah… hehe…), trus masih sering ngomong inggrisan pake logat Surabaya. Hehehe… Dulu tuh tiap ngetik di Ms. Word, pasti keluar garis2 merah, ijo, biru. Sekarang gak ada garis-garis gitu lagi, sehingga aku butuh proof-reader untuk tahu ini tulisan bener kagak (ciiiieeeee…). Nah, intinya sih sudah tahu lah ini chairman-nya baik banget. Jadi ya aku sih tenang-tenang aja meskipun dosen penguji satunya itu bikin temen-temenku membelalak karena ibu dekan sendiri yang menguji.

Tidak disangka-sangka, seminggu sebelum sidang, ada perubahan dosen penguji. Tiba-tiba dosen pengujiku yang bule super baik itu diganti sama seseorang dari Corban University. Hari itu aku langsung nangis-nangis lah…. Tiba-tiba rasanya takut banget. Kuatir nggak ketulungan. Langsung ngrasa nggak mampu, nggak capable… Bahkan sempet protes, “Tuhan, kenapa gak pilih si A, si B, si C, yang lebih pinter, lebih fluent in English?”

Siang itu, begitu dapet kabar kalo dosen pengujiku diimpor langsung dari US, aku langsung pergi ke kondo. Niatnya sih nyari Ce Ester, tapi ketemunya sama Ce Sri. Sama aja lah, yang penting aku bisa nangis dulu untuk mengekspresikan ketakutanku. Aku bersyukur sih bisa ketemu sama Ce Sri. Dia menolongku untuk melihat sisi positifnya dapet penguji dari Corban University. Meskipun saat itu aku ga gitu yakin, tapi bener-bener terbantu untuk menenangkan diri.

Selanjutnya aku sempat share juga ke beberapa orang tentang kekuatiranku, bahkan ngepost di grup fb LIFE Group-ku, minta tolong mereka doain supaya aku bisa overcome this fear. Melalui orang-orang di sekitarku, Tuhan mengajarku untuk melihat sisi positifnya dengan pergantian dosen penguji ini.

1) Karena disidang langsung oleh penguji dari Corban University, saat lulus nanti gelar “B.Ed” di belakang nama itu bukan asal nongol aja, tapi bener-bener valid. Lah yang nguji aja didatangkan khusus dari sono.  Hehe…. My friend said, “Kalo kita lulus trus pake gelar ’B.Ed’ sih cuma numpang keren doing, kalo lu kan emang sah, secara yang nguji aja langsung dari Corban University.” So, that’s a privilege!

2) Ada teman yang berpikir gini, “Untung lah si Novi yang diganti dosen pengujinya. Kalo gua yang sidang sih, udah pasti ga bisa menghadapi.” Denger begini, aku jadi melihat bahwa Tuhan memegang kontrol atas apa yang terjadi. Aku sih sama sekali tidak yakin mampu menghadapi sidang ini, tapi setahuku Tuhan memampukan anak-anak-Nya menghadapi setiap tantangan yang Dia izinkan terjadi.

Jadi ya aku belajar untuk kemudian berusaha berpikir positif dan mempersiapkan diri dengan baik. Jujur, susah sih. Bagaimanapun kekuatiran dan ketakutan masih ada. Melalui Saat Teduh dan orang-orang di sekitarku, Tuhan mengingatkan supaya aku tidak takut, tetapi mempersiapkan diri dengan baik. Namun memang harus diakui aku gagal untuk betul-betul menawan setiap kekuatiran dan menyerahkannya kepada Tuhan. Puji Tuhan, Dia tidak pernah gagal. Sekalipun aku begitu kuatir dan takut, bahkan tidak percaya, namun Tuhan dengan setia menuntun aku untuk lebih tenang dari hari ke hari, sampai saatnya sidang tiba.

Behind the SKRIPSI Part VI

No comments:

Post a Comment