Thursday, May 17, 2012

Batam, I'm Coming!

Akhirnya kemaren siang agak sorean gitu, keluarlah pengumuman praktikum ketigaku. Setelah penantian panjang akhirnya aku ditempatkan di.....










YAP! BATAM! (ya iyalah, dari judulnya aja sudah ketauan!)











HAHAHAHAAAAAAAAA....


Seneng banget waktu tau ditempatkan di Batam! Sejak tahun lalu aku memang ngarep banget untuk praktikum terakhir yang durasinya 4 bulan ini, aku bisa ke tempat yang jauh tapi juga menarik untuk dikunjungi. Sepertinya sudah tidak perlu disebutkan lagi mengapa menarik pergi ke Batam. Hehehe.. Semua orang yang aku kasih tahu pasti seneng juga dengernya.

Yang bikin lebih dari sekedar seneng jelas karena apa yang aku harapkan bisa terkabul. Bukan berarti selama ini aku mendoakan Batam ya. Selama ini aku berdoa supaya Tuhan menolongku untuk siap ditempatkan di mana saja. Belakangan aku malah ga gitu ngarep bisa penempatan di Batam sekalipun tahu bahwa aku punya chance juga. Jadi yang bisa praktikum di Batam itu hanya mahasiswi jurusan pendidikan dasar program Bahasa Inggris. Nah, di angkatanku untuk jurusan ini hanya ada 9 orang mahasiswi. Kalau ada 4-5 orang yang ditempatkan di Batam, berarti aku punya peluang - katakanlah 1:2. Aku ingat sempat bilang ke siapa gitu, kalo aku pasti di Batam atau tempat lain. Eh, beneran deh di Batam! :)

Sebelumnya, ada beberapa gosip yang beredar mengenai tempat penempatan. Tidak satupun dari gosip-gosip itu yang benar. Hehehe.. Gosip pertama, aku ditempatkan di Ngabang. Gosip kedua, aku ditempatkan di suatu tempat entah di negeri antah berantah mana dan cuma berdua sama seorang teman cewe lain. Serem lah! Dengernya gak damai sejahtera! Tiap ada temen ngomong gitu, aku langsung pasang ekspresi gak suka. Dengan gaya mereka yang khas sok tau, mereka mengklaim tempat ini dan itu. Mengklaim masa depanku.

Memang menjelang pengumuman, banyak berita-berita palsu dan kata Kenia sih banyak nabi-nabi palsu. Hehehe... Menjelang akhir zaman juga begitu, banyak Mesias dan nabi-nabi palsu yang bermunculan. Tuhan Yesus sendiri yang mengatakannya. Para rasul juga memperingatkan akan hal ini.


Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. (Matius 24:24)


Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. (2 Petrus 2:1)

Puji Tuhan, masa depanku bukan ada di tangan manusia melainkan di tangan Tuhan yang kuat dan perkasa! Baik masa depan dalam kehidupan sekarang, maupun kehidupan kekal yang akan datang. Tidak seorangpun berhak menentukan hari depanku dan tidak satu kuasa pun sanggup memisahkan aku dari kasih Tuhan!

Aku inget dulu ada temen pernah cerita kalo Cece-nya dinubuatkan akan married sama ponakan si pembawa nubuat itu. Of course, nubuat itu gak pernah terjadi. Itu sih bukan nubuat tapi maunya sih penubuat aja..

Kita harus hati-hati dengan berbagai ajaran yang beredar. Bahkan ajaran yang paling bible-oriented sekalipun harus tetap diuji. Baru-baru ini dalam Saat Teduh dan personal bible study-ku mengenai kitab Galatia, Firman Tuhan juga memperingatkan,

Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. (Galatia 1:8)

Tadi pagi saat kebaktian kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, pendetanya bilang kalo kenaikan Tuhan Yesus ke sorga sangatlah relevan dalam kehidupan kita. Setelah Tuhan Yesus naik ke sorga, murid-murid-Nya bertekun dalam Firman dan pada hari Pentakosta ketika Roh Kudus turun, mereka siap pergi memberitakan Injil. Demikian pula setiap kita, orang yang percaya, dan juga saya yang adalah calon guru Kristen harus senantiasa bertekun dalam Firman dan Injil yang benar sesuai yang tertulis di dalam Alkitab sambil terus memberitakannya supaya ada lebih banyak orang lagi yang diselamatkan bagi kemuliaan Tuhan kita! Paulus pernah memperingatkan Timotius untuk mengawasi ajarannya sendiri.

Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau. (1 Timotius 4:16)

Bagiku saat ini Tuhan sedang mempersiapkanku untuk benar-benar menjadi guru yang benar dan mengajarkan apa yang benar. Firman-Nya memang keras. Tuhan Yesus sendiri berkata, kalau sampai ada orang yang menyesatkan anak-anak, mending tuh orang dikasih batu kilangan di lehernya trus dilempar ke laut. Gimana nggak gemetarlah saya jadi guru Kristen???

Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut. (Matius 18:6)

Sampai detik ini aku masih bersorak-sorak kegirangan mikirin mau ke Batam! Mikir kemungkinan bisa jalan-jalan gratisan (kan tiketnya dibiayai juga.. *keuntungan mahasiswa beasiswa), wisata kuliner, shopping... Namun puji Tuhan, sebelum berhari-hari berimajinasi yang gak penting, Tuhan sudah memperingatkan bahwa tujuan Dia menempatkanku di Batam bukan untuk kesenaganku sendiri melainkan untuk melakukan kehendak-Nya: mengajar setiap anak dengan ajaran yang benar!

Tidak salah bahkan sudah seharusnya aku bersukacita bisa ke kota yang sudah lama aku dambakan. Namun jauh lebih baik lagi untuk bersukacita karena Tuhan memiliki rencana untuk memakaiku bagi kemuliaan-Nya!  Doaku aku bisa mempersiapkan diri dengan hati yang juga takut dan gentar sehingga aku nggak sembarangan juga.

Hey, my readers....
Sekalipun kamu bukan seorang missionary ataupun guru Kristen yang dikirim ke mana-mana sepertiku, ingatlah bahwa Amanat Agung BERLAKU UNTUK SEMUA ORANG PERCAYA. Make sure you are Jesus' disciples, not just a follower of Christ! Jadi senantiasalah bertekun dalam Firman Tuhan dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberitakan Injil supaya orang lain bisa percaya dan menjadi murid Kristus juga!

Happy Ascension Day! :)

2 comments:

Paulus Teguh said...

Pembina pmk saya mengatakan begini: kita harus membedakan antara "nubuat", "kubuat", "lu buat". Hehehe....

Anyway, aku gak ngerti; kenapa senang sekali ditempatkan di batam? Aku pernah beberapa kali ke batam, sekedar lewat doang, untuk naik kapal ke singgapur... tapi kayaknya nothing special tuh? hehehe

Novi Kurniadi said...

Masalah selera tidak perlu dicoba untuk dimengerti :)

Post a Comment