Sunday, August 2, 2015

Outfit Of The Day

Sebagai perempuan muda yang normal, seringkali saya merasa tidak punya baju, sekalipun saya tahu ada banyak orang di luar sana yang bajunya cuma sepotong dua potong. Berulang kali saya kuatir, mau pake baju apa ya? Kok kayaknya koleksi saya kurang fabulous, kurang fashionable. Tapi nggak mungkin juga saya shopping baju tiap bulan. Banyak kebutuhan lain yang jauh lebih penting daripada baju.

Sadar tidak sadar, rasanya baju yang saya kenakan menentukan apakah saya tampil cantik atau tidak. Lalu saya menjadi kuatir kalau baju saya biasa-biasa, modelnya bukan yang lagi booming. Kan kelihatannya gimana gitu. Apalagi saya ini guru. Mesti tampil cantik dong di depan ortu murid.
Jauh sebelum saya atau perempuan-perempuan lain kuatir akan apa yang akan kita kenakan, Tuhan Yesus sudah ngomong duluan. Dia sudah bahas isu ini. 

Matius 6:28-30 (TB)  Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,
namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?


Waktu saya membaca dan merenungkan ayat di atas, ada beberapa berkat yang saya dapatkan:

1. Tuhan tahu dan peduli akan concern saya tentang pakaian.
Wow! Saya tidak pernah berpikir bahwa Tuhan peduli tentang hal remeh seperti ini. But nothing is too tiny for His care! Kalau bagian kecil dan sepele seperti pakaian saja Bapa kita di surga begitu peduli, apalagi seluruh hidup kita! Dia bukan saja peduli, melainkan telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal! Praise Him!

2. Tuhan mau mendadani engkau dan aku.
Seorang make up artist cuma mau mendadani saya kalau dibayar. Tapi Tuhan semesta alam mau mendadani saya secara gratis! Karena memang tidak seorangpun bisa membayar-Nya kan? Dan kalau Dia yang mendadani, tidakkah hasilnya jauh lebih cantik daripada yang bisa dilihat oleh mata kita? Saya percaya kalau Tuhan yang mendadani, seorang perempuan akan terlihat sangat cantik walaupun dia sudah keriput.

3. Ternyata saya orang yang kurang percaya.
Come on, does it make sense that The Gos of the universe would like to care on my clothing? Sama sekali tidak masuk akal rasanya kalau Tuhan benar-benar peduli. Padahal kalau saya mau lihat-lihat lagi koleksi baju yang ada di lemari, mulai dari baju tidur sampai baju pesta tuh ada sekitar 16 potong baju yang tidak saya beli. Semuanya pemberian yang saya percaya datangnya dari Tuhan, melalui keluarga dan teman-teman dekat. Bukti pemeliharaan Tuhan sudah ada di lemari, tapi seringkali saat membuka lemari baju, saya merasa tidak punya baju. Sampai di sini saya merasa malu di hadapan Tuhan, kok bisa-bisanya saya mengeluh tidak punya baju? Waktu saya nggak bisa shopping baju, Tuhan kirimkan. Tiba-tiba dapat baju baru. Ada berkat yang tidak terduga-duga.

4. Tuhan tidak ingin saya cantik secara lahiriah saja, Dia juga ingin saya cantik secara rohani.
Tuhan ingin saya percaya kepada-Nya. Dia ingin saya mencari dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya.
Matius 6:31-34 (TB)  Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."
Bagaimana saya bisa semakin cantik dengan mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya?
Seseorang yang mengasihi saya dan berkata bahwa saya cantik di matanya, meminta saya membaca Amsal 31:10-31. Saya menemukan jawabannya pada ayat ke 30.
Amsal 31:30 (TB)  Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

5. Tuhan ingin saya awet muda dan sehat.
Cantik biasanya erat kaitannya dengan awet muda. Kulit wajah kencang walaupun sudah berusia 50 tahun lebih. Apa rahasianya? Salah satu rahasianya adalah hati yang tenang dan tidak takut akan masa depan. Kalau saya terus kuatir akan baju yang akan dipakai, mungkin saya sudah keriput saat berusia 30 tahun karena terlalu banyak mengerutkan wajah setiap kali membuka lemari baju. Selain itu orang yang banyak kuatir biasanya lebih mudah terserang penyakit. Saya percaya Tuhan tidak ingin umat-Nya mengalami penyakit yang mestinya tidak perlu terjadi. Oleh sebab itu berkali-kali kita temukan di Alkitab Tuhan berfirman, "Jangan kuatir!"

6. Apa yang Tuhan sediakan sudah cukup.
Sebenarnya saya punya cukup pakaian, walaupun tidak se-fancy yang saya harapkan. Namun itu saja cukup. Kalau Tuhan sudah berikan cukup, maka saya harus bersyukur! Siapa saya sehingga layak menerima berkat Tuhan? Tidak ada yang lebih baik daripada merasa cukup (content).

No comments:

Post a Comment